//
you're reading...
Apologetik

SIAPAKAH NABI SEPERTI MUSA

Image

Perdebatan berabad-abad untuk menentukan siapakah Nabi yang paling tepat untuk disandingkan dengan Musa, Muslim dengan tidak malunya menganggap Muhamad adalah nabi yang dimaksudkan didalam Ulangan 18, namun benarkah demikian? benarkah Muhamad memiliki kemiripan dengan Nabi Musa dibandingkan Yesus Kristus.

Mari kita simak kriteria apa yang digambarkan oleh 2 Narasi dibawah ini untuk menunjukan nabi yang manakah yang dinubuatkan oleh Musa didalam Ulangan 18.

Ulangan 34
(10) Seperti Musa yang dikenal TUHAN dengan berhadapan muka, tidak ada lagi nabi yang bangkit di antara orang Israel, (11) dalam hal segala tanda dan mujizat, yang dilakukannya atas perintah TUHAN di tanah Mesir terhadap Firaun dan terhadap semua pegawainya dan seluruh negerinya, (12) dan dalam hal segala perbuatan kekuasaan dan segala kedahsyatan yang besar yang dilakukan Musa di depan seluruh orang Israel.
Ulangan 18
(15) Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh TUHAN, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan. (16) Tepat seperti yang kamu minta dahulu kepada TUHAN, Allahmu, di gunung Horeb, pada hari perkumpulan, dengan berkata: Tidak mau aku mendengar lagi suara TUHAN, Allahku, dan api yang besar ini tidak mau aku melihatnya lagi, supaya jangan aku mati. (17) Lalu berkatalah TUHAN kepadaku: Apa yang dikatakan mereka itu baik; (18) seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya. (19) Orang yang tidak mendengarkan segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi nama-Ku, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban.

Dari Ulangan 34 kita bisa melihat beberapa clue yang Tuhan berikan mengenai Nabi yang manakah yang akan dibangkitkan lagi bagi orang Israel, yang seperti Musa. sebab Elohim YHWH sudah menubuatkan kalau akan datangnya Nabi tersebut [Lihat Ulangan 18:15] dimana Elohim akan menaruh Firman-Nya kedalam Mulut-Nya [Lihat Ulangan 18:18] dan akan menghukum setiap orang yang tidak melakukan perkataan Nabi itu [Lihat Ulangan 18:19]

CLUE YANG ELOHIM YHWH BERIKAN SEBAGAI BERIKUT
1. Nabi tersebut akan mengatakan semua yang sudah Elohim taruh didalam mulutNya dan akan mengajarkan tentang Elohim YHWH [Ulangan 18:18]
2. Nabi tersebut berbicara dengan Elohim Muka berhadapan Muka [Ulangan 34:10]
3. Nabi tersebut akan melakukan banyak sekali tanda dan Mukjizat [Ulangan 34:11]

MUHAMAD DAN YESUS DIPERBANDINGKAN

1, Nabi tersebut akan mengatakan semua yang sudah Elohim taruh didalam mulutNya dan akan mengajarkan tentang Elohim YHWH [Lihat Ulangan 18:18]

YESUS

Yesus berkata bahwa Dia berbicara firman Allah, Ia mendengar langsung dari Elohim/Elohim yang langsung taruh perkataanNya kepada Nabi itu.

Yohanes 7: (16) Jawab Yesus kepada mereka: “Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku. (17) Barangsiapa mau melakukan kehendak-Nya, ia akan tahu entah ajaran-Ku ini berasal dari Elohim, entah Aku berkata-kata dari diri-Ku sendiri.

Yohanes 8: (28) Maka kata Yesus: “Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku.(29) Dan Ia, yang telah mengutus Aku, Ia menyertai Aku. Ia tidak membiarkan Aku sendiri, sebab Aku senantiasa berbuat apa yang berkenan kepada-Nya.”

MUHAMAD

Muhammad mendengar Quran dari Roh yang dia yakini sebagai Jibril. Muhammad mengulangi kata-kata yang telah disampaikan Jibril ini.

QS AN NAJM [53]: 2-5
kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak pula keliru, dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al Qur’an) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya), yang diajarkan kepadanya oleh (Jibril) yang sangat kuat,

Muhammad gagal dalam memenuhi persyaratan pertama untuk menjadi nabi yang seperti Musa karena dia tidak mendengar dari langsung dari Tuhan. Bahkan, Alkitab berisi peringatan tentang malaikat mengajar pesan yang salah dan menyesatkan:

2 Korintus 11: (14) Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang.
Galatia 1: (8) Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia. 

2. Nabi tersebut berbicara dengan Elohim Muka berhadapan Muka [Ulangan 34:10]

YESUS
Yesus ada bersama-sama dengan Elohim sebelum datang ke bumi sebab Yesus adalah Firman Elohim itu sendiri. Sementara Ia di bumi, Ia berbicara dengan Elohim muka dengan muka.
Yohanes 1: (18) Tidak seorangpun yang pernah melihat Elohim; tetapi Anak Tunggal Elohim, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.
Yohanes 17: (5) Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.
Matius 17: (5) Dan tiba-tiba sedang ia berkata-kata turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: “Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia.” 
MUHAMMAD

Sebagaimana dinyatakan sebelumnya, Muhammad tidak pernah berbicara dengan Allah secara langsung. Quran seluruhnya diberikan kepadanya melalui media – roh. Apakah roh dari Allah? Jika tidak, maka kita dapat menyimpulkan bahwa itu adalah roh jahat yang menipu Muhammad.

PERHATIKAN
Setelah Musa berbicara dengan Tuhan muka dengan muka, wajahnya bersinar dengan kemuliaan Elohim. Yesus pun berubah di saat ia berbicara dengan Tuhan muka dengan muka. (Keluaran 34:29, Matius 17:2). Muhammad tidak pernah berubah rupa, ia tidak pernah memancarkan kemuliaan Tuhan

Matius 17: (2) Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka; wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang.

3. Nabi tersebut akan melakukan banyak sekali tanda dan Mukjizat [Ulangan 34:11]

YESUS

Yesus melakukan banyak sekali mukjizat.

Matius 11:(4) Yesus menjawab mereka: “Pergilah dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu dengar dan kamu lihat: (5) orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik.

MUHAMMAD

Quran menunjukkan bahwa Muhammad tidak melakukan mukjizat. Bahkan orang-orang yang tidak percaya pada dia menunjukkannya bahwa Muhammad tidak memiliki mukjizat

QS AL AN’AAM [6]: 57-58

Katakanlah: “Sesungguhnya aku (berada) di atas hujah yang nyata (Al Qur’an) dari Tuhanku sedang kamu mendustakannya. Bukanlah wewenangku (untuk menurunkan azab) yang kamu tuntut untuk disegerakan kedatangannya. Menetapkan hukum itu hanyalah hak Allah. Dia menerangkan yang sebenarnya dan Dia Pemberi keputusan yang paling baik. Katakanlah: “Kalau sekiranya ada padaku apa (azab) yang kamu minta supaya disegerakan kedatangannya, tentu telah diselesaikan Allah urusan yang ada antara aku dan kamu. Dan Allah lebih mengetahui tentang orang-orang yang lalim. .

QS AL QASHASH [28]: 48

Maka tatkala datang kepada mereka kebenaran dari sisi Kami, mereka berkata: “Mengapakah tidak diberikan kepadanya (Muhammad) seperti yang telah diberikan kepada Musa dahulu?“. Dan bukankah mereka itu telah ingkar (juga) kepada apa yang diberikan kepada Musa dahulu?; mereka dahulu telah berkata: “Musa dan Harun adalah dua ahli sihir yang bantu membantu”. Dan mereka (juga) berkata: “Sesungguhnya Kami tidak mempercayai masing-masing mereka itu’.
Kesimpulan 

Jadi jelas, dari ketiga prasyarat yang digunakan untuk melihat siapakah nabi yang layak dianggap seperti Musa [Ulangan 18:18], Muhamad gugur dalam segala kategori yang diajukan kepadanya dan Yesus-lah yang memenuhi Nubuatan itu, sepertihalnya yang dinyatakan didalam Kisah Para Rasul 3

Kisah Para Rasul 3: (22) Bukankah telah dikatakan Musa: Tuhan Allah akan membangkitkan bagimu seorang nabi dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku: Dengarkanlah dia dalam segala sesuatu yang akan dikatakannya kepadamu.(23) Dan akan terjadi, bahwa semua orang yang tidak mendengarkan nabi itu, akan dibasmi dari umat kita. (24) Dan semua nabi yang pernah berbicara, mulai dari Samuel, dan sesudah dia, telah bernubuat tentang zaman ini. (25) Kamulah yang mewarisi nubuat-nubuat itu dan mendapat bagian dalam perjanjian yang telah diadakan Allah dengan nenek moyang kita, ketika Ia berfirman kepada Abraham: Oleh keturunanmu semua bangsa di muka bumi akan diberkati. (26) Dan bagi kamulah pertama-tama Allah membangkitkan Hamba-Nya dan mengutus-Nya kepada kamu, supaya Ia memberkati kamu dengan memimpin kamu masing-masing kembali dari segala kejahatanmu.”

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: